Pengantar Warisan dan Pajak Estate di Jerman

Di bawah hukum Jerman setiap ahli waris dan setiap penerima pajak dikenakan pajak secara individual. Jerman memiliki pajak warisan yang nilainya bervariasi tergantung pada tingkat kekerabatan dan jumlah atau nilai yang diterima. Setiap ahli waris atau penerima bertanggung jawab untuk mengajukan pengembalian pajak warisan individu di Jerman. Tidak ada pajak properti di Jerman.

Kewajiban pajak waris Jerman dinilai untuk masing-masing ahli waris atau penerima manfaat secara individual berdasarkan nilai pembagian atau wasiatnya, terlepas dari nilai tanah tersebut. Untuk sebagian besar aset, ini akan menjadi nilai pasar yang adil. Utang, klaim uang, dan polis asuransi dinilai dengan nilai nominalnya, jika memungkinkan. Penilaian properti riil dan sitaan untuk pajak warisan di Jerman lebih rumit. Aset bisnis tunduk pada aturan khusus yang memungkinkan ahli waris, yang melanjutkan bisnis, untuk mengurangi atau bahkan menghindari kewajiban pajak warisan.

Hukum waris Jerman membagi ahli waris dan penerima manfaat menjadi tiga kelas. Aturan umumnya adalah bahwa kerabat jauh memiliki pengecualian yang lebih rendah dan membayar pajak yang lebih tinggi.

Pasangan, anak-anak, cucu-cucu, cucu-cucu, orang tua, dan kakek-nenek berada di kelas satu. Tarif pajak di kelas satu bervariasi dari 7% (hingga 75.000 Euro), 11% (hingga 300.000 Euro) hingga 15% (hingga 600.000 Euro). Saudara dan saudari, keponakan dan keponakan, mertua berada di kelas dua. Tarif pajak di kelas satu bervariasi dari 15% (hingga 75.000 Euro), 20% (hingga 300.000 Euro) hingga 25% (hingga 600.000 Euro). Kebanyakan ahli waris dan penerima manfaat lainnya berada di kelas tiga dengan tarif pajak 30%. Tingkat pajak yang lebih tinggi berlaku untuk warisan yang lebih besar.

Lebih dari pengecualian nominal hanya tersedia untuk pasangan (500.000 Euro), anak-anak (400.000 Euro), cucu-cucu dan cucu-cucu besar (200.000 Euro), dan orang tua (100.000 Euro). Pasangan dan anak-anak sampai usia 27 tahun dapat mengklaim pengecualian tambahan. Pengecualian yang tersedia untuk penerima manfaat lainnya hanya 20.000 Euro. Akibatnya, hampir seluruh harta warisan dapat dikenakan pajak warisan jika orang yang meninggal tidak memiliki pasangan dan keturunan yang masih hidup.

Klasifikasi yang sama, tanda kurung pajak dan tarif pajak berlaku untuk pajak hadiah Jerman. Meskipun demikian, hadiah seumur hidup dapat mengurangi kewajiban pajak warisan di Jerman. Hadiah yang dibuat lebih dari sepuluh tahun sebelum tanggal kematian tidak dikenakan pajak, dan setelah sepuluh tahun pembebasan pajak hadiah dapat digunakan untuk hadiah lain, yang tidak akan dikenakan pajak hadiah (tetapi mungkin dikenakan pajak warisan jika kematian terjadi dalam 10 tahun).

Amerika Serikat dan Republik Federal Jerman telah menandatangani sebuah Konvensi untuk Penghindaran Pajak Berganda sehubungan dengan pajak atas perkebunan, warisan dan hadiah, yang berlaku untuk kasus-kasus yang lebih rumit ketika perpajakan di kedua negara dapat menjadi masalah.